Minggu, 08 Agustus 2010

AKU BAHAGIA

Teringat pertanyaan seorang teman semalam."Apakah kamu bahagia,nen?"

Pertanyaan yang membuat aku tersenyum dan mengingatnya berulang kali.seperti putaran lagu di kaset..pertanyaan itu terus menggiang di telingaku hingga ke esokan paginya. Banyak sekali pertanyaan yang semua judulnya..BAHAGIA..yang memaksaku bertanya pada diri sendiri.."Apakah aku bahagia?

Apa sih menurut kalian arti kata bahagia itu?
Apa sih yang menjadi dasar tolak ukur kebahagiaan?
Dan seperti apa rasanya bahagia?

Jujur,aku juga tidak terlalu mengerti arti kata BAHAGIA..yang sebenarnya.Awalnya yang aku tau,bahagia adalah..sesuatu yang indah,sesuatu yang menyenangkan.sesuatu yang membanggakan,sesuatu yang wah.Sesuatu yang kita lihat dan orang lain lihat..kelihatan secara harmonis atau sempurna minimal secara kasat mata manuasia.Semua orang terus mencari kata BAHAGIA dan sering kali menyalahkan sebagai objek penderita..di dalam situasi yang tidak kita inginkan..

Kata seorang teman..
"Aku berpisah..karena rumah tanggaku berantakan..aku tidak bahagia hidup dengannya!"
"Aku berselingkuh,karena istri,suami atau kekasihku..tidak lagi bisa membahagiakan aku !"
"Aku mempunyai segalanya..tetapi aku tidak bahagia..!"
Duh,pusingnya..denger keluhan keluhan yang semua judulnya bahagia.Dan itu hanya tiga keluhan dari seribu keluhan yang judulnya bahagia.Harus kemana kita cari si BAHAGIA itu..untuk memuaskan hati kita.

Aku tidak tau arti kata BAHAGIA sebenarnya..
Yang aku tau..aku senang jika melihat keluargaku sehat.Aku senang bisa jika melihat suamiku tersenyum apalagi tertawa.Aku senang bila mendengar kerabat atau sahabatku bilang kangen ke aku.Aku senang bila mengetahui..adik dan kakak ku berhasil,aku senang bila ternyata anak anakku meraih prestasi yang baik di sekolah.Aku senang bila melihat suami dan anak anakku taat beribadah..

Bahkan aku juga SENANG..."MASIH BISA SENANG".. ketika kami bisa saling belajar menerima 'kekurangan" masing masing anggota keluarga menjadi suatu "kelebihan" sebagai pelengkap rasa.Aku juga senang..ketika kami dalam kesulitan keuangan..kami masih bisa saling bekerjasama dalam bentuk berhemat.Aku juga senang..ketika kami sedang di uji musibah penyakit..kami masih bisa berdoa dan menangis bersama.Aku senang..karena di situasi yang SULITPUN kami masih bisa menyelesaikan semua permasalahan yang kami hadapi dengan tersenyum tanpa saling menyalahkan pasangan dan anggota keluarga lainnya.

Yang aku tau..bahagia adalah..bisa melihat orang lain bahagia juga..tanpa kita harus menyakitinya.yang aku tau..bahagia adalah..bisa menerima sesuatu yang tidak kita inginkan.menerina dengan ikhlas dan merealisasikannya dengan tindakan bersyukur.

Membuat orang lain bahagia..adalah juga suatu kebahagiaan buat aku.
"Bagaimana difinisi kata BAHAGIA menurut kalian?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar